Kasus Century - Wajah Buram Hukum Dan Politik Kita

Kasus bail out bank Century yang kini diproses oleh wakil rakyat di DPR semakin tidak jelas arahnya. Seperti telah banyak diduga oleh sebagian masyarakat bahwa kinerja Pansus Hak Angket kasus Century akan jauh dari harapan seakan segera menjadi kenyataan. Proses tanya jawab antara anggota pansus dan pihak yang dimintai keterangan hanya berputar-putar pada persoalan yang sama dan cenderung berbelit. Belum lagi ditambah dengan tingkah beberapa anggota pansus yang sangat tidak elok. Semua ini semakin menambah rasa ketidak percayaan kepada sistem politik di negeri ini.


Debat panjang tentang dampak sistemik yang menjadi dasar argumen keputusan bailout tidak akan pernah selesai bahkan hingga datangnya kiamat. karena pihak yang setuju dan yang menolak memiliki argumen yang sama kuat karena masing-masing menggunakan kacamata yang berbeda. Sementara pemilik bank bermasalah tersebut telah divonis bersalah oleh pengadilan terlepas apakah vonis tersebut layak dalam arti memenuhi rasa keadilan atau tidak. Dunia politik memang selalu mengenal multi kacamata dalam melakukan pendekatan tergantung kebutuhannya. Menjadi sangat aneh bagi masyarakat jika pengelolaan sebuah bank yang buruk harus diback up oleh uang rakyat. Pihak kepolisian dan Pengadilan telah menyimpulkan bahwa pemilik bank tersebut telah melakukan penggelapan dana sebesar 18 juta USD dan karenanya harus dihukum. Dan para wakil rakyat masih berkutat soal dampak sistemik.

Dari apa yang saat ini berkembang di DPR jelas bahwa Hukum dan Politik di negeri ini memang sangat kacau. Bagaimana sebuah keputusan pengadilan yang sudah sangat kuat sama sekali tidak medapat perhatian dari politisi DPR dalam melakukan perdebatan. Hukum yang dipolitisasi memang bukan hal baru di negeri ini. Atau memang mereka memiliki agenda tersembunyi ? Ataukah sikap mereka ini perwujudan ketidakpercayaan mereka terhadap hukum di negeri ini ? Jika memang demikian , betapa malangnya bangsa ini. Hukum yang tidak pernah adil karena selalu berpihak kepada yang kuat , sistem politik yang hanya melahirkan para binatang politik membuat potret diri bangsa ini semakin buram.

Kasus bailout Century sebenarnya sudah sangat gamblang. Pihak yang bersalah sudah ditangani oleh Kepolisian dan data tentang kasus tersebut sudah terbuka di DPR. Silang pendapat apakah kebijaksanaan bailout tersebut tepat atau tidak dengan mudah dapat dijawab. Rakyat berharap para politisi dan petinggi negeri ini menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas segala-galanya. Ingatlah bahwa jabatan yang anda sandang adalah amanat yang sangat berat. Jika memang masih berakal sehat tentunya bersikap negarawan dengan mengakui segala kesalahan akan jauh lebih terhormat daripada terus berkutat dalam lingkaran kesalahan. Paling tidak sikap tersebut akan sangat mengurangi beban yang dipikul akibat beratnya amanat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puasa Untuk Menjadi Pribadi Yang Bertakwa (Kajian 6)

PANCASILA - Dasar & Falsafah Negara

AL FATIHAH